Sianida Itu Apa Sih?

Sianida atau nama  asam sianida akhir - akhir ini menjadi hal yang tidak kalah ingin diketahui banyak orang, kenapa demikian karena berkaitan dengan kasus Meninggalnya Wayan Mirna Salimin yang kasusnya masih dalam penyidikan polisi. Mudahan segera selesai.
Terlepas dari kasus Wayan Mirna yang masih di dalami polisi saat ini, sebenarnya Sianida itu apa sih?


Baca Juga Bahaya GAS CO


Sianida atau asam sianida memang banyak di informasikan meracuni banyak orang karena bahan tersebut ternyata ada pada beberapa makanan yang biasa di konsusmsi. Seperti singkong, dan roko, namun pada kondisi tertentu yaitu yang pada umbinya itu berwarna hijau. Biasanya kandungan asam sianida tinggi.
Solusinya ya remdam sebelum di masak dan gunakan bahan yang masih segar. Dan solusi satu lagi ya tidak merokok dan jauhi asap roko.

Asam sianida atau dalam rumus kimia HCN merupakan bahan yang beracun bagi tubuh. Dalam tubuh HCN bisa berikatan enzim sitokrom oksidase sehingga akan mengakibatkan terhentinya metabolisme sel secara aerobik. Proses yang paling berperan disini adalah pembentukan dari cyanomethemoglobin (CNMetHb), sebagai hasil dari reaksi antara ion sianida (CN–) dan MetHb

Asam Sianida

Sianida murni jika masuk kedalam tubuh hanya memelukan waktu beberapa menit saja untuk mematikan manusia, dan harus berhati - hati ternyata asam sianida dapat diserap oleh kulit langsung sehingga sangat berbahaya. Jika dalam bentuk garam akan terserap tubuh jika termakan.
Meski demikian sebenarnya tubuh sendiri bisa menetralisir Asam sianida ini dengan bantuan enzim rodanase yang ada didalam hati. Jika hanya sedikit sekali mungkin masih bisa di netralisir kalo melebihi ambang batas. bisa di pastikan keracuanan.

Gejala keracunan Asam Sianida


1. Gangguan perncernaan, seperti mual muntah diare
2. Sesak Nafas dan sianosis
3. Pusing lemes, kesadaran menurun, bisa sampai koma
4. Jantung berdebar tak teratur berkeringat
5. Shock
6. Jika tidak cepat di tangani bisa meninggal.

Penanganan Keracuanan

Jika sianida dalam bentuk garamnya tertelan maka keluarkan dengan cara memuntahkannya berikan banyak minum. Karena sangat berbahaya jadi segeralah bawa kedokter terdekat.
Jika garamnya terkena mata segera bilas dengan air yang mengalir dan deras. Segera bawa ke dokter


Sekilas Kisah Keberadaan Sianida


Sianida dari zaman romawi dulu sudah dugunakan sebagai racun yang mematikan termasuk pada perang dunia.
Asam sianida ini meski sudah dari zaman romawi dulu namun zatnya baru bisa teridentifikasi pada tahun 1782 oleh ahli kimia dari swedia yaitu scheele yang kemudian maninggal keracunan.

Pada perkembangan selanjutnya sianida banyak bermanfaat dibidang kimia seperti pada  pembuatan penyaring emas dan perak, anti jamur dan racun tikus. Namun tetep saja ternyata sianida menjadi salah satu racun yang masih di gunakan untuk menyakiti sesama manusia.


Beberapa Kegunaan Sianida

Meski sifatnya yang beracun sianida masih banyak manfaatnya, diantaranya adalah

  • Sebagai insektisida dan mitisida untuk hasil panen bahan yang tidak disimpan atau untuk fumigasi truk.

  • Sebagai racun dosis tunggal atau berulang untuk melindungi lapangan rumput (pastures), range land dan hutan dari serangan anjing hutan  atau rubah.

  • Digunakan untuk pewarna, pembersih optik, pertanian, obat-obatan, pengkelat atau seskuitering dan secara khusus digunakan untuk produksi nitril, karbilamin, asam lemak siano, logam berat sianida, alat pemanas, kepingan baja dan senyawa untuk pembukaan lahan untuk penanaman jamur (clearing smut).

  • Industri asam sianida dan beberapa senyawa sianida.

  • Komponen larutan elektroplating, elektrografi(EG)-Zn, komponen garam untuk menguatkan baja, ekstraksi emas dan perak dari tambang, depresan penggumpalan pada pemisahan hasil tambang.

  • Pembersih logam, industri pewarna, nylon, pengkelat, dan bahan untuk rodentisida

Kesimpulannya

Sianida ternyata zat yang bercun kuat yang sudah digunakan dari zaman dulu untuk racun. Dalam tubuh bisa bereaksi dengan enzim sitokrom oksidase sehingga akan mengakibatkan terhentinya metabolisme sel secara aerobik yang mematikan. Sianida ternyata terdapat pada singkong dan rokok jadi harus berhati hati jika menemukan gejala keracuan sianida seperti mual lemes, pusing.
Namun demikian sianida yang beracun itu berguna dalam pertanian dan industri kimia.

Sekian pembahasan singkat tentang sianida. semoga bermanfaat.


Sumber :
http://www.enviro.bppt.go.id/sipop/B3/NatriumSianida.htm
http://mediskus.com/penyakit/keracunan-singkong
http://klikharry.com/2006/12/14/keracunan-sianida-2/
http://klinikanakonline.com/2016/01/11/gejala-dan-penanganan-keracunan-sianida/


Subscribe to receive free email updates:

91 Responses to "Sianida Itu Apa Sih?"

  1. Saya baru tau mang, kalau di R***k mengandung sianida selain nikotin dar TAR

    Bahaya...berarti saya konsumsi sianida terus mang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas menurut beberapa sumber yng saya baca di roko dan asapnya itu ngandung sianida

      Delete
    2. Harus stop merokok dr skrng Mas klo gtu...

      Delete
    3. bener itu mas stop aja. :D

      Delete
  2. ternyata mengerikan ya bahaya dari mengonsumsi sianida..racun yang mematikan dan rawan disalahgunakan...waspada

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul harus waspada karena racun jenis ini bahaya banget

      Delete
    2. nah itu dia poin utamanya ya mangs :)

      Delete
    3. betul sekli mas muhammad

      Delete
  3. Saya baru tau mang, kalau di R***k mengandung sianida selain nikotin dar TAR

    Bahaya...berarti saya konsumsi sianida terus mang...hikz

    ReplyDelete
  4. wih serem juga ya mang, kasian sekali wanita cantik itu meninggal karena asam sianida, saya mikirnya ini pasti berencana banget ya mang, atau diracun nih.mendadak banget kan??tapi beritanya kalah heboh sama bom di jakarta jadi berita wanita ini tenggelam

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia beritanya kalah heboh mas. sepertinya kalo racun dan di racun sudah sangat terencana sekali.

      Delete
  5. bahan kimia ini lagi ngetren setelah ada kasus wanita keracunan kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia itu mas namanya wayan mirna mas. menurut berita yang saya baca

      Delete
    2. tapi itu kasusnya memang sengaja diracun mas

      Delete
    3. infonya sih begitu mas pakekata di

      Delete
  6. Emang kopi thailand mengandung sianida gitu yaa kang? sepertinya itu mah gegara ada dendam. untung saja keluarganya bersedia untuk jasadnya di otopsi terungkap juga kan kebenarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu harus nanya ahli kopi mas. tapi masa ia dari kopi ada sianidanya. kalopun ada konsumen pertama yang harunya wafat

      Delete
  7. Berharap zat ini hny digunakan untuk hal2 yang berguna bagi umat bkn meracuni org y kang. Gara2 berita racun sianida sekarang zat ini jd terkenal, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas. mudahan untuk keperluan yang manfaat saja mas. sebenernya zat ini emeng terkenalnya buat racun mas. dari zaman komik konan sampe nyata begini.

      Delete
  8. Kasus kematian Wayan Mirna Salimin sekarang jadi ternding topik setelah kasus bom di sarinah,, seharusnya penjualan bahan - bahan kiimia seperti itu dibatasi dan diawasi oleh pemerintah dengan baik,, tapi ngomong - ngomong bagaimana cara membuat asam sianida itu,, ?? jadi pengen buat,, untuk ngeracun tikus di sawah heheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bahaya kalo sudah pengen tau caranyamah. wkwkwkw
      g usah ah mas. nanti malah jadi pemasok lagi :D

      Delete
    2. Btul2... Sy jg mw nyoba.. Tikus d rmh pd berkeliaran...

      Delete
    3. nah kalo buat tikus gpp tapi hati hati penyimpanannya ya mas

      Delete
  9. Perlu hati-hati dengan singkong dan rokok, padahal saya perokok, makasih atas infonya

    ReplyDelete
  10. Kalau dikampung ada tuh jenis singkong beracun pohonnya lebih besar cuma oarng pada takut mengkonsumsi karena tahu beracun padahal kalau bisa mengolahnya bisa juga dimanfaatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending nanam yang biasa aja mas. Bahaya kalo yg beracun

      Delete
  11. Sianida itu apaan sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira tetangga sebelah mas....

      Delete
    2. Bukan tetangga mas itu tuh mas yang nangkring di depan pintu

      Delete
  12. TerNyata nama dan jenis racun itu banyak juga ya mas...saya kira cuma racun insektisida saja ternyata ada juga racun yg bernama Sianida

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itu nama jenis bahan buat racun yang sangat mematikan.

      Delete
  13. saya baca baca katanya 1sendok sianida bisa membunuh 50 orang ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia ya saya g menuliskan kadar bahaya bagi tubuh. Ia mas katanya seperti itu mas. Saking bracunnya bagi tubuh

      Delete
  14. Jadi di rokok ada sianida yang beracun ya mangs?... Waduh gaswaaatttt mangs! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas mungkin sedikit sih tapi bisa terkumpul jadi banyak kalo lama

      Delete
  15. Mengulang plajaran smp nih. Tp bedanya swaktu skolah dlu gk pduli. Pahamnya bru skrg. Hehehheheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kekurangan sekolah menurut saya itu mas. pelajaran kurang bgeitu di pahami atau di arahan secara nyata

      Delete
  16. Lagi berusaha ngurangin mang...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe mantaps kalo begitu mas.

      Delete
  17. Replies
    1. kurang sebenernya mas. masih banyak lagi keterangannya yang belum saya tuliskan

      Delete
  18. sianida lagi ngetren mang
    sering muncul dibrita

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas gara - gara kopi yang kbrnya mengandung sianida

      Delete
    2. sianida itu bukannya temannya simaya ya mang?

      Delete
    3. bukan mas temen simaya tapi si dudung mas :D

      Delete
  19. Bahaya juga zat asam ini Mangs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas sangt berbahaya sekali mas zat yang satu ini

      Delete
  20. Oh gitu, zat asam yang perlu dihindari kalau begitu. Saya baru mengenalnya, jadi pengetahuan baru deh makasih ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas muhammad ini sangat berbahaya sekali zat nya

      Delete
  21. Berarti sianida itu sangat berbahaya ya mang. Untung saya nggak merokok, cuma kalau kopi kadang sih minum. Setelah baca artikel ini, saya mesti hati-hati nih, terlebih dengan makanan yang mengandung zat sianida. Terima kasih ilmunya mang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tambah ilmu ya gan itanya, dan lebih berhati-hati lagi nih

      Delete
    2. sangat berbahaya sekali mas meski dalam tubuh masih bisa di netralisr tapi untuk kadar yang sedikit sekali kalo udah banyak yauda. hati - hati lo mas dalam roko juga ada

      Delete
  22. owh ini toh yang diberita itu baru tau saya mas, mantap ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas yang minum kopi lengsung meninggal itu mas. katanya sih mengandung sianida

      Delete
  23. iya nih patut diwaspadai

    ReplyDelete
  24. Sepertinya sianida itu horor sekali. Jadi takut untuk berdekatan haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oa betul hohor mas dan sering jadi alat buat film horor eh film ditektif mas

      Delete
  25. Nah kalau untuk kopi sepertinya tidak ada kandungan sianida. Aku yakin jika ada yang memasuk racun didalam minumannya. Kalau singkong umumnya cuma mual dan pusing tidak menyebabkan kematian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas kalo di kopi sih kalo ada peminum pertama bisa meninggal. ia di singkong sebeernya dulu banyka yang keracuanan. sekarang mungkin sudah tidak begitu.

      Delete
  26. pakabar mangs aduls, susah bangt mas jaringan nya dikami mas ;( jarang BW akhir ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah baik mas muhammad. sama mas muhammad.
      inipun saya menulis sambil lup lep tersendat.

      Delete
  27. wah, baru tahu saya mangs tentang racun sianida, seperti nama nya bagus ya mas racun jadinya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anida bagus aja mas tai kalopake sianida ya jadi racun emang

      Delete
  28. selama ini saya tahu nya hanya insektisida mas ternyata ada juga ya Sianida

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau insektisida ya semua orang tahu gan!

      Delete
    2. iya mas itu hasil perkawinan dari insektisida dengan peptisida dan lahir lah seorang anak bernama si anida

      Delete
    3. hahahah bisa juga mas dzatniko. persilangan ternyata ya. :D

      Delete
  29. berarti kita harus lebih berhati-hati lagi ya mas, apalagi saat hendak membeli minuman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas jgn sampe minuman yang di beli mengandung sianida.
      yang mungkin mas orang jahat aja yang pnya niat begitu. mudahan segera musnah orang jahat itu

      Delete
  30. wah bermanfaat sekali informasinya gan, jadi tahu apa itu sianida. ini penting loh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba ida pasti jarang nonton TV jadi mengenai ini baru tahu, sama mba sy juga jarang nonton TV, hheheheeh ketnggalan info jadinya ya mba!

      Delete
    2. makanya saya bantu dengan artikel ini .

      Delete
  31. Saya jarang nonton TV jadi nggak tahu kalau istilah ini sedang ramai di media!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga serame berita bom sih. cuman lumayan cukup dibicarakan

      Delete
  32. di berita di tv sudah di jelaskan kalo sianida itu berbahaya, tapi pada artikel ini di jelaskan sejelas jelas nya dan di terangkan asal usul adanya sianida itu. saya jadi tau deh apa itu sianida. thanks ya mangs

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih mas. hehehe itu ga jelas kayanya mas
      eh btw ini ngeblognya pada malem malem ya. sambil tahajudan kali ya ato habis ibadah yang lainnya mas. :D

      Delete
  33. Paling ngeri sama bahan2 kimia gini, apalagi sama air keras. Suka parno kalo misal disiram air, bayanginnya air keras wkakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn ah jgn bayangin. apalagi di lakukan

      Delete
  34. Kalah bahas sianida jadi ingat sama kasusnya mirna salihin yg keracunan akibat minum kopi yg mengandung sianida?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mameng mas saya juga ngebahas ini gara - gara itu mas

      Delete
  35. Ternyata efek sianida begitu mengerikan mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat mengerikan sekali mas. bisa bikin klepek2

      Delete
  36. Sianida memang sangat berbahaya seperti yg telah kita ketahui bahwa Wayan Mirna meninggal gara2 zat racun sianida.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sangat berbaha sekali sianida itu.

      Delete
  37. sianida ini sdh menjadi trending tropik juga nampaknya ,,.. stelah ada kasus yang muncul di TV tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas sampe sekarang masih aja ada pembahasannya

      Delete

Silahkan berkomentar